Pages

Rabu, 15 Februari 2012

Posisi Duduk Saat Bekerja Juga Mempengaruhi Kesehatan

Mungkin sering kali kita terlena dengan pekerjaan tanpa memperhatikan kesehatan kita sehingga tanpa terasa badan terasa pegal-pegal, berat badan semakin bertambah dan kepala sering terkena migraine akibat dari kelelahan karena bekerja. Karena kesibukan dalam bekerja sehingga sampai lupa untuk memikirkan makanan yang sehat dan mencukupi untuk menopang tubuh kita dalam beraktifitas.
Selain hanya makanan dan istirahat yang cukup untuk menjaga kesehatan saat bekerja tetapi bagaimana kita memperhatikan posisi duduk kita, menggunakan komputer dengan posisi tubuh yang benar akan sangat mempengaruhi kenyamanan dan tentunya kesehatan tubuh kita untuk menghasilkan cara kerja yang efektif.
Posisi duduk Yang Benar
Posisi duduk yang salah
Posisi duduk, Mengatur agar posisi kepala dan leher Anda tegak dan pandangan lurus ke depan dengan posisi ini Kita akan sanggup bertahan lebih lama di depan komputer . Posisi leher yang lentur dan terlalu menunduk saat menghadap komputer tidak dibenarkan karena hal ini akan membuat kita cepat lelah. Sering – seringlah mengubah posisi tubuh atau melakukan peregangan pada bagian tangan, leher, kaki dan lain-lain agar otot tidak kaku.
Posisi lengan dan siku, Pergelangan tangan pada posisi netral, lurus dan nyaman, posisi lengan yang baik adalah berada di samping badan dan siku membentuk sudut lebih besar dari 90 derajat. Saat mengetik, tempatkan tetikus atau mouse dekat dengan keyboard, sehingga tak perlu menggerakan tangan terlalu jauh untuk meraihnya. Pergelangan tangan berada pada posisi yang tetap, namun bisa menjangkau tombol keyboard dengan jari.
Posisi lengan dan siku
Posisi mata, harus lurus tidak terlalu tinggi atau rendah, Jarak antara mata ke layar kira-kiran di kisaran 50-60 cm. Menurut penelitian yang dilakukan seorang ahli dari Universitas California masalah lainnya yang sering diakibatkan terlalu lama duduk di depan komputer adalah mata menjadi tegang. Ketegangan mata dapat menyebabkan sakit kepala, susah fokus, dan menambah sensitifitas pada cahaya. Jadi sebaiknya jika kita tidak membaca tulisan di layar komputer dari jarak jauh, lebih baik perbesar ukuran hurufnya.
Posisi kaki, aturlah tinggi kursi tempat duduk Anda usahakan posisi paha horizontal, sejajar dengan lantai dan gunakan sandaran kaki atau footrest sehingga tungkai berada dalam posisi yang nyaman dan usahakan kedua kaki menempel pada lantai
Maka Dari Itu Disaat Bekerja di depan Janganlah Menganggap Sepele Karena Kalaw Terlalu Kelamaan Di depan komputer dapat Mempengaruhi Kesehatan Kita Sendiri.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More