Rabu, 15 Februari 2012

Pembuatan Buku Besar Akuntansi dengan Menggunakan MS. Excel

Membuat laporan keuangan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel adalah sesuatu yang mudah. Pada umumnya , penggunaan aplikasi excel digunakan pada saat pembuatan neraca lajur. Namun tidak salah jika kita memanfaatkan aplikasi excel dari awal , dari posting pertama kali ke buku besar .Tujuan dari pada ini agar pencatatan Laporan Keuangan menjadi lebih rapi. Langkah – langkah yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut :

Langkah 1

Bukalah program Microsoft excel. Lalu Mulailah membuat lembar kerja untuk semua rekening pada buku besar. Di sini saya membuat Buku Besar Kas terlebih dahulu .Buatlah 1 Tabel pada lembar kerja excel .

langkah 2

Masukkan setiap transaksi per tanggal dan nama perkiraan masing –masing di kolom debet atau kredit . berikut contoh transaksi, buku besar masing masing perkiraan.

Langkah 3

Nah Sekarang untuk mendapatkan nilai total kolom debet dan kredit adalah dengan menjumlahkan masing-masing kolom debet dan kolom kredit dengan mengunakan rumus.
Pada gambar di atas, Letakan kursor pada sel E13
Masukkan rumus =SUM(sorot Debet baris 5 sampai Debet baris 11) kemudian enter. Hasilnya 67.000.000.
Untuk mendapatkan hasil jumlah Kolom Kredit lakukan hal Serupa dengan cara sebelumnya
  • rumus =SUM(sorot Kredit baris 5 sampai Kredit baris 11)hasilnya  31.000.000
Masukkan rumus untuk menghitung jumlah saldo debet dan jumlah saldo kredit.
  • Menghitung saldo debet
Logika rumusnya , jika jumlah debet  > jumlah Kredit , maka Saldo Debet = jumlah Debet -  jumlah Kredit. Letakan kursor pada sel saldo debet , maka rumusnya = IF(E12 > F12,E12,0) hasilnya 36.000.000
Begitu juga dengan Menghitung saldo kredit
Logika rumusnya , jika jumlah kredit > jumlah debet maka saldo kredit = jumlah kredit – jumlah debet. Atau rumusnya =IF(F12>E12,F12-E12,0) Maka hasilnya adalah nol karena bagian debet jumlahnya lebih kecil dari pada kredit.
Kita sudah membuat 1 buku besar Kas. Untuk buku besar lainnya dikerjakan pada worksheet selanjutnya , untuk membuatnya lakukan dengan cara yang sama yaitu mengcopy table yang sudah dilakukan sebelumnya dan tinggal mengganti Transaksi per tanggal dan nama perkiraan masing –masing di kolom debet atau kredit.
Untuk pembuatan neraca Saldo Dengan Excel, kita akan bertemu pada Tutorial selanjutnya.

 by   (palcomtech.com)

0 komentar:

Poskan Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More